Desember 29, 2008

Renungan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1430 H


Assalamu'alaikum wr,wb.......

Kepada kaum Muslim dan Muslimah di Seluruh Dunia, Saya mengucapkan :

"Selamat Tahun Baru Islam 1430 H"

Yang pertama, alhamdulillah saya bersyukur masih diberi kesempatan hidup di bumi-NYA dan terus dapat curahan nikmat-NYA yang tak terhitung hingga tibanya 1 Muharam 1430 H saat ini, semoga dengan memasuki tahun baru ini, kita dapat mengambil hikmah dari perjalanan hidup kita di tahun-tahun sebelumnya untuk menjadi bahan perbaikan di tahun ini dan tahun yang akan datang, agar kita menjadi jauh lebih baik dari tahun-tahun kemarin. InsyaAlloh !!

Yang kedua, patut diketahui bahwa dalam hijriah adalah era dimana: a) didalam hijriah terdapat Robiul Awal, yaitu bulan dimana lahirnya rahmatan lil alamin sang pemberi syafaat di hari kiamat; b) didalam hijriah terdapat bulan ramadhan, yaitu bulan yang penuh berkah, hidayah dan ampunan; c) didalam hijriah terdapat Dzulhijjaah, dikala Ibrahim mengorbankan Ismail, dikala umat muslim sedunia bertemu di Arafah untuk memohon ampunan Alloh;

Yang ketiga, dengan tibanya tahun baru Islam 1430 H ini, bukan perayaan yang gegap gempita, bukan pula pesta kembang api,meniup terompet, atau pawai dijalanan dan bukan pesta pora atau pergi tamasya, tetapi seharusnya hanya makan siang di masjid bersama anak yatim, karena itu kebiasaan yang dilakukan oleh Junjungan Nabi Kita Muhammad SAW, namun pesta kegembiraan sah-sah saja untuk dirayakan bagi seluruh umat, tetapi diupayakan tanpa mengurangi makna dari tahun baru islam itu sendiri.

4. Yang keempat, tibanya tahun baru ini diharapkan dapart melakukan refleksi sejenak, memutar kembali memori, dan menatap impian, karena setiap orang berharap segala sesuatu dapat berjalan sesuai dengan keinginan , impian dan harapan begitu pula dengan saya. Tapi terkadang, apa yang menjadi impian dan cita-cita tidak mesti selalu sama. Boleh jadi terkabulkan, boleh jadi tertunda, atau mungkin menemui kegagalan. Waallahualam bi sawab!!

Wassalamu'alaikum....................


Note : Wahai orang-orang yang bertaqwa, dan hendaklah kalian melihat diri kalian sendiri, apa-apa yang telah berlalu (telah diperbuat), untuk masa yang akan datang, (QS. Al Hasyr : 18)

Tidak ada komentar: