Oktober 19, 2008

Membaca

Bismillah, Assalamu’alaikum to All


Membaca…….. satu kata ini yang selalu ada diseputar kita, ya dengan membaca kita dapat membuka jendela cakrawala di kehidupan kita, karena dengan membaca kita dapat mendapatkan beragam informasi, baik informasi yang ringan sampai menyangkut informasi terberat yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya.

Namun, banyak dari kita begitu malas membaca, termasuk juga denganku, sebenarnya minat membacaku ada tapi entah bagaimana buku2 yang banyak kubeli sampai saat ini banyak yang belum sempat kubaca, atau kalaupun ada yang sedang dibaca sayangnya sampai hari ini belum selesai2 alias baru setengah2 dibacanya dan lengkap dengan pembatas buku didalamnya,sampai aku ingat kembali untuk meneruskan membaca buku2 tersebut, hiks...........hiks

Bagaimana caranya agar minat bacaku kembali muncul karena aku senang membeli buku2 terutama buku2 religius dan buku2 yang inspiratif yang dapat memotivasi dalam kehidupanku, walaupun entah kapan aku membacanya (pastinya ada sih yang aku baca, tapi lebih banyak membelinya dari pada kesempatan membacanya).

Sampai akhirnya, aku temukan satu tulisan pada fitur klasika “Kompas” pagi tadi yang bertajuk “Menjadi Pintar Dengan Membaca Pintar”, berikut 7 (tujuh) langkah memulai belajar cara membaca yang pintar :


1. Bacalah terlebih dahulu bagian-bagian penting buku yang akan anda baca, mulailah dengan membaca resensi buku, biografi penulis, kata pengantar dan daftar isi. Keempat hal tersebut dapat memberikan anda gambara mengenai kualitas buku yang akan anda baca.

2. Ubahlah segala macam kebiasaan buruk anda dalam membaca, misalnya hindari kebiasaan-kebiasaan seperti membaca sambil menggerakkan bibir, menunjuk tulisan dan membaca dengan suara keras karena semua hal tersebut dapat memboroskan waktu anda dalam membaca


3. Mulailah berlatih membaca dengan cepat, melalui membaca cepat anda dapat menghemat waktu membaca, selain itu kecepatan membaca anda pun akan terus meningkat. Salah satu caranya adalah dengan mengabaikan kata bantu seperti, di, ke, dari dan, atau, serta yang. Tujuannya adalah agar teks yang and abaca semakin ringkas dan mempersingkat waktu membaca.

4. Bacalah buku per paragraph secara teratur, jangan melompat ke paragraph selanjutnya sebelum anda menyelesaikan paragraph yang awal. Setelah selesai membaca beberapa halaman dari buku tersebut, tanyakanlah kepada diri anda beberapa pertanyaan dari bacaan tersebut, jika anda belum dapat memahaminya, bacalah buku tersebut sekali lagi.


5. Temukan ide pokok pada buku yang anda baca, setelah itu bacalah lebih kritis, jika perlu siapkan catatan kecil untuk bagian bacaan yang perlu diingat. Melalui cara membaca seperti ini, pemahaman andan akan buku tersebut akan lebih mendalam lagi.

6. Cobalah konsentrasi dalam membaca bacaan yang cukup berat. Fokuskan pikiran anda pada setiap kata-kata yang sulit. Jika perlu, carilah arti dari kata-kata sulit tersebut dalam kamus.

7. Gunakan setiap waktu luang anda untuk membaca. Usahakan anda selalu membawa buku bacaan yang seukuran dengan saku atau surat kabar. Tujuanny agar anda dapat membaca buku tersebut kapan dan dimana saja. Hasilnya anda akan bertambah pintar dan waktupun tak terbuang sia-sia

Semoga cuplikan tulisan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya buatku sehingga minat bacaku kembali meningkat. Wassalam


Source : Me n Kompas

Note : Mulailah dari sekarang menyenangi membaca mengenai apa saja

4 komentar:

prastcorp mengatakan...

Sepakat Mbak,
Orang bilang "Membaca itu Jendela Dunia", dengan membaca kita bisa tahu beraneka informasi dan menambah wawasan ilmu. So Don't Stop Reading!

http://prastcorp.wordpress.com

DiMi mengatakan...

Thanks mas pras, semoga semangat yg diberikan dapat terus meningkatkan minat membaca saya, semangat!

zyegha mengatakan...

He...he...ceritanya cari motivasi membaca neeh....sebenarnya niat membaca slalu ada sih....tapi buat qt2 yang udah sibuk sama urusan rumah tangga biasanya udah pegang buku trus baca 2 halaman aja mata udah 5 watt n ga bs diajak kompromi kena bantal bablas deh ke pulau kapuk....tapi so good koq mba, qt emang wajib banyak baca biar wawasan semakin global n yang penting persiapan buat nyusun thesis plus maju sidang...Ok deh moga2 tercapai...

DiMi mengatakan...

setuju mbak zyegha, urusan rumah tangga begitu menyita waktu, tp qt hrs niatkan membaca tiap hari, selain bisa menambah wawasan jg me-refresh pikiran, so mulailah dr sekaran. Sukses selalu!