Januari 04, 2012

Note for My Lovely Sons !


Anak-anakku...

Kehidupan kini sudah semakin mengkhawatirkan, segala tipu daya sering melenakan impian masa depan kalian

Sebagai orangtua pasti mengkhawatirkan anak-anaknya di zaman ini, kekhawatiran akan keburukan akhlak dan moral serta perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi yang pada saat ini segala sesuatu menjadi mungkin bisa dilakukan karena bantuan teknologi

Tidak....tidak samasekali !! kami tidak membatasi pergaulan dan pertumbuhan kemajuan teknologi untuk kalian, tapi hanya berharap membimbing kalian agar tetap lurus dan teguh pada kekuatan imanmu, sangat sulitkah ...?

Anak-anakku, sesungguhnya kalian terlahir telah diberikan pilihan jalan hidupmu masing-masing, ada banyak cara menjalani kehidupan ini, kalian bisa melihat kehidupan lain diluar keluarga kalian juga orang-orang disekitar kalian, samakah mereka semua ? Tidak, kalian tentunya melihat mereka berbeda dalam segala hal dengan diri kalian, cara orang tua mereka mengajarkan anak2nya, cara tutur kata mereka, cara mereka berpakaian, cara mereka bergaul dan banyak cara lainnya.....terlihat berbeda-beda kan?

Tapi ada satu persamaan, yaitu keinginan orangtua memiliki kebaikan dunia dan akhirat pada anak-anaknya, sangat sulitkah....?

Anak-anakku, menjadi anak yang baik tidaklah sulit begitupun sebaliknya menjadi anak yang tidak baikpun tidaklah sulit, itu adalah pilihan yang datangnya dari hati kalian, karena untuk memilih menjadi keduanya tidaklah sulit sebagaimana dibayangkan banyak anak-anak atau juga teman-teman kalian. Ketahuilah anak-anakku, menjadi anak yang baik dan tidak baikpun itu sama-sama memerlukan sejumlah upaya dan kemauan yang keras. Sama-sama mengeluarkan energi untuk membentuk diri ingin menjalani pilihan hidup yang mana. Namun, mengapa harus memilih menjadi anak yang tidak baik ? Mengapa tidak memilih menjadi anak yang baik ? Itulah pertanyaan yang ada di benak kami para orang tua.

Anak-anakku, milikilah mimpi dan wujudkan segala keinginan kalian melalui usaha keras, fokus dan disertai doa, kami hanya bisa membimbing kalian mewujudkan impian itu, karena tak selamanya kami bisa terus menjaga dan membimbing kalian

Anak-anakku, janganlah berprasangka tidak baik pada kemarahan, teguran, nasihat, kekecewaan, kecemasan, rasa curiga, keingintahuan dari kami, hingga kalian jadikan hal itu sebagai beban dengan berkata :”aahh...banyak aturan, ini gak boleh, itu gak boleh !!” .

Ketahuilah anak-anakku, rasa tidak suka kalian pada hal tersebut tidak sebanding dengan curahan kasih sayang kami dalam memenuhi segala kebutuhan hidup kalian dengan segala upaya dan keterbatasan yang kami miliki.

Ketahuilah anak-anakku, semua yang dilakukan semata-mata untuk menjadikan kalian mampu merengkuh masa depan kalian dengan disertai senyuman, kekhusyukan iman dan ibadah pada Allah SWT sebagai bekal masa depan kalian.

Anak-anakku, kami hanya berharap kalian belajar dari kesalahan dan kekhilafan kami, jangan karena kalian tahu masalalu kami dijadikan sebagai pembanding dalam kehidupan kalian lalu dibalas melalui amarahmu dengan perkataan: “dulu ibu/bapak juga seperti itu, seperti ini,.... kenapa sekarang tidak boleh ?!!!, tapi jadikanlah hal itu sebagai motivasi dalam hidup kalian agar pribadi kalian lebih sempurna dari kami.

Ketahuilah anak-anakku, sesungguhnya kami bukanlah orang tua yang sempurna ataupun yang shaleh/shalehah, sekalipun demikian kami ingin agar kalian menjadi anak-anak yang shaleh/shalehah dan lebih baik dari kami, sangat sulitkah....? Ketahuilah kalian pun bukanlah anak-anak yang sempurna, tapi dimata kami ingin kalian itu lebih sempurna dari kami, kesempurnaan lahir dan batin yang kami harapkan, karena kesempurnaan yang sesungguhnya hanyalah milik Allah SWT.

Ketahuilah anak-anak tidaklah sulit menjadi anak yang baik jika kalian mau berusaha mewujudkan apa yang diharapkan kami, yaitu :

1) Selalu tanamkan dalam hati keberadaan Tuhanmu, ALLAH (Subhanahu Wa Ta'alaa)

2) Jalani perintah sunnah dari Nabimu, MUHAMMAD (SallAllâhu 'Alaihi Wa Salam)

3) Sayangi dan hormati kedua orang tuamu

4) Kejarlah ilmu yang bermanfaat setinggi yang kalian mampu

5) Bersilaturahim dengan cara yang baik dan mendatangkan manfaat bagi diri

6) Terus belajar lebih peka pada kehidupan sekeliling kalian

7) Terus belajar saling mengingatkan akan kebaikan

8) Jujur dan amanah dalam melakukan segala sesuatu yang dipercayakan pada kalian

9) Milikilah pergaulan/teman/komunitas yang selalu mengingatkan kalian dalam kebaikan

Anak-anakku, tidaklah banyak yang kami inginkan dari kalian, kami tahu bahwa semua dari diri manusia ini lemah dan memiliki keterbatasan begitu juga dengan diri kalian, akan tetapi jika kalian terus berupaya melakukan beberapa hal diatas, Insha Allah tidaklah sulit untuk menjadi anak yang baik yang senantiasa terpelihara setiap langkah kalian, menjadi anak-anak alimah shaleh, penuh barokah dan manfaat dunia wal akhirah sebagaimana yang kami harapkan.. Aamiin


#DOA

Inilah kisah doa yang bermanfaat dan disampaikan oleh Quraisy Shihab :

Quraisy Shihab mempunyai 8 orang saudara kandung yg seluruhnya berhasil dlm bidangnya masing2. Suatu ketika ada yg bertanya kpd ibu beliau, apa rahasia dibalik keberhasilannya.

Jawabannya adalah sebuah doa yang tak pernah luput dipanjatkan oleh ibunya, yg berbunyi :

(1) Allaahummaj 'al auladana (auladii--tunggal) qulluhum solihan wa ta'tan =
"Ya اَللّهُ jadikanlah anak2ku orang yg sholeh dan taat beribadah.
(2) Wa ummuhum thowiilan = panjangkanlah umurnya.

(3) War zukhum wasian = luaskan/lapangkan rezekinya.

(4) Wa ukuluhum zakian = cerdaskan akalnya.

(5) Wa qulluhum nuran = dan terangilah kalbunya.

(6) Wa ulumuhum kasiiron nafi'an = karuniakan/berikanlah ilmu yg banyak dan bermanfaat.

(7) Wa 'asaduhum sihatan wa 'afiatan = sehatkanlah jasmaninya.

(8) Birahmatika Yaa Arhamar Roohimin = dengan rahmatMU yg pengasih lagi penyayang.

Aamiin YRA

آَمِيّـٍـِـنْ .. آَمِيّـٍـِـنْ.. آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِنْ

Source : - by Me

- Du’a by Quraisy Shihab

Note : "Ya اَللّهُ , ampunilah kami bila tiada kesempurnaan dalam menjaga amanah-MU

Tidak ada komentar: